Petugas Upacara

Hari itu kebetulan hari senin.
Pagi pagi..si sulung dah ceria sambil memakai baju putih putih. Si bapak bertanya “lho kok putih putih lagi. Senin minggu kemaren kan sudah pake putih putih? “.Sambil memakai sepatu, si sulung menjawab”minggu lalu hujan pa,tidak ada upacara,jadi minggu ini ya masih giliran kelasku yang dapat jatah petugas upacara. Nanti anterin ya pa, hari ini ndak naik sepeda ya. kan kalo jadi petugas upacara tidak boleh terlambat !”.
Di perjalanan, si bapak bertanya kepada si sulung “nanti jadi petugas upacara bagian apa mas?” “Sebenarnya mau nya jd pemimpin upacara pa, tapi ndak kepilih ,pak guru ndak milih aku. Tapi temenku yang kepilih memang memang lebih bagus pa. Ndak papa lah. Nanti kalo kelasku dapet giliran lagi aku mau coba lagi biar jadi pemimpin ” jawab si sulung. Hmm.. “Trus.. kamu nanti dapet giliran jadi petugas apa mas? ” Tanya si bapak lagi.” Jadi pembaca UUD 45 pa “jawab si bungsu . “Wah hebat, jadi pembaca UUD45 juga ndak gampang lho, harus punya suara lantang, tegas dan harus punya intonasi bagus, pasti pak guru nunjuk kamu karena kamu dianggap mampu. Kira kira kamu bisa ndak nanti mas?” Tanya si bapak lagi. “Bisa pa..aku dah latihan terus kok” dijawab dengan yakin oleh si sulung.
Tidak terasa mereka sudah sampai di depan gerbang sekolah. “Ya udah pa.. doain ya. ( sambil turun dari motor, si sulung salim cium tangan ) .Setelah melihat si anak masuk ke sekolah, bergegas si bapak segera pulang kerumah karena si bungsu nungguin diantar sekolah juga.
Setelah sampai dirumah, sambil minum teh dan singkong yang masih panas, si bapak duduk di teras sambil nunggu si bungsu selesai pake baju sekolahnya. Bentar lagi giliran nganter si adik ke sekolah TK dekat rumah.
Si kecil memang beda dengan si kakak, belum begitu paham arti tanggung jawab.. kadang mau sekolah, kadang juga males malesan. Sekolah nya tergantung mood. Lagian juga masih TK A , setiap hari harus selalu nanyain si bungsu.. mau sekolah atau ndak ?..Dan pagi itu seperti biasa setelah bangun pagi si bungsu sebenarnya ndak mood sekolah. “Masih ngantuk” katanya. Tapi karena sudah 2 hari bolos sekolah..tiba tiba dia kangen temennya.. “aku mau masuk sekolah. Aku mau mainan sama temen temenku” kata si bungsu.
Habis nganter si bungsu, penasaran si bapak pengen lihat si sulung jadi petugas upacara. Ditengoknya jam tangan,” hmm masih jam 7.30 ,upacara baru dimulai nih “gumam si bapak. Kemudian sejurus kemudian meluncurlah si bapak ke sekolah si sulung. Sambil ngintip di pagar sekolah.. diikutinya upacara pagi itu dari luar pagar. Murid murid rapi berbaris,dengan baju merah putih ,topi dan dasinya, petugas upacara memakai seragam berbeda,seragam putih putih dengan peci hitam dan lambang garuda di ujungnya .

Setelah pengibaran bendera yang lancar serta koor lagu mengheningkan cipta terdengar sangat sahdu,tiba giliran pembacaan UUD45. Si sulung memulainya dengan tegap. Dibacanya dengan lantang , intonasinya lumayan, tidak terbata bata. Alhamdulillah lancar. Lega perasaan si bapak melihat si sulung sudah mulai tumbuh dewasa, mulai belajar apa arti tanggung jawab. Kemudian si bapak tiba tiba teringat masa masa kecilnya dulu sewaktu sekolah SD .Setiap ditunjuk jadi petugas selalu keringat dingin.. kadang gagap pas jadi pemimpin upacara. Hmm pernah juga suatu hari ingat si bapak , dia pernah jadi petugas pengibar bendera. Giliran memasang tali , ternyata salah masang tali pengikat. trus pas bendera dibentangkan.. bendera kusut,teman yang narik ujung bendera juga kebingungan..malu banget. Pengalaman yang sangat lucu dan masih terus diingatnya sampai sekarang.
Dan di pagi itu si bapak merasa bangga bisa menyaksikan si sulung pertama kali menjadi petugas upacara . Walau hanya menjadi petugas pembaca UUD45 , ini adalah tugas pertama dia , masih panjang dan berat tanggung jawab si sulung nantinya .Si bapak hanya bisa berdoa semoga selalu bisa mendampingi dan melihat si sulung tumbuh dewasa dan tumbuh menjadi laki laki yang bertanggung jawab.
#proudtobeafather#

15966192_10209810858803034_4515238517143305279_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s